Untuk dapat membeli Obligasi Negara Ritel (ORI), Anda harus terdaftar sebagai Lender di Investree terlebih dahulu kemudian mendaftar sebagai Investor SBN di Investree.

Belum pernah menjadi Lender di Investree? Klik di sini.

Silakan ikuti petunjuk pada video berikut ini untuk cara mendaftar menjadi Investor SBN di Investree:

Cara Mendaftar Investor SBN
di Investree

Persyaratan Pemesanan
Obligasi Negara Ritel (ORI)

  • Individu atau perseorangan Warga Negara Indonesia yang memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang terdaftar di Kementerian Dalam Negeri, dalam hal ini Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil.
  • Terdaftar sebagai Lender atau Pemberi Pinjaman di Investree.
  • Memiliki Rekening Bank Central Asia (BCA) yang terdaftar pada akun Lender di Investree.
  • Memiliki Nomor Tunggal Identitas Pemodal atau Single Investor Identification (SID).
  • Memiliki Rekening Surat Berharga BCA.
  • Memiliki Rekening Dana Nasabah (RDN).

Cara Mudah Pembelian
Obligasi Negara Ritel (ORI)

  • Daftar sebagai Lender Investree di www.investree.id/invest dan isi data diri Anda dengan lengkap. Ikuti prosesnya hingga akun Anda terverifikasi. Pastikan Anda menyertakan rekening BCA sebagai akun rekening bank yang terdaftar di akun Lender Investree Anda.
  • Setelah memiliki akun Lender, masuk ke laman sbn.investree.id dan registrasi sebagai Investor SBN. Lalu, Anda akan mendapatkan Single Investor Identification (SID), Rekening Surat Berharga, dan Rekening Dana Nasabah (RDN) dalam 3 (tiga) hari kerja.
  • Melakukan pembelian setelah membaca ketentuan dalam Memorandum Informasi ORI016 (periode pembelian tanggal 2-24 Oktober 2019).
  • Pemesanan yang telah diverifikasi akan mendapatkan kode pembayaran (billing code). Kode tersebut dapat digunakan untuk penyetoran dana melalui Bank Persepsi (teller, ATM, internet banking, mobile banking) atau Lembaga Lembaga Persepsi (Bukalapak, Finnet, Tokopedia dan PT Pos Indonesia) dalam batas waktu yang ditentukan.
  • Investor SBN kemudian memperoleh Nomor Transaksi Penerimaan Negara (NTPN) dan notifikasi pemesanan Anda telah komplit.
  • Menerima bukti konfirmasi kepemilikan ORI016 setelah penetapan hasil penjualan (setelah tanggal 28 Oktober 2019).

Cara Pembayaran Pemesanan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel di Bank dan Lembaga Persepsi Lainnya

Setelah Anda melakukan pemesanan di Investree, Anda akan menerima e-mail berisikan konfirmasi pemesanan Anda beserta kode pembayaran (billing code).
Harap mencatat billing code tersebut agar dapat melakukan pembayaran di saluran pembayaran Bank-Bank Persepsi dan Lembaga Persepsi lainnya.

Daftar Bank Persepsi dan Lembaga Persepsi lainnya bias dilihat di Lampiran II Memorandum Info.

 

Mekanisme Penjualan
Obligasi Negara Ritel (ORI)
di Pasar Sekunder

Penjualan ORI di pasar sekunder dapat dilakukan setelah melewati batas waktu minimal kepemilikan atau setelah pembayaran kupon pertama pada tanggal 15 Desember 2019. Untuk saat ini, penjualan ORI di Investree dilakukan melalui mitra sekuritas yang telah bekerja sama dengan Investree yaitu Bina Artha Sekuritas.

  • Login ke sbn.investree.id.
  • Klik “Jual” pada ORI yang akan dijual. Anda akan diarahkan ke website sekuritas yang telah bekerja sama dengan Investree.
  • Isi detail penjualan.
  • Setelah itu, mitra sekuritas akan memproses pengajuan penjualan Anda. Investor akan menerima dana hasil penjualan di Rekening Dana Nasabah (RDN) Anda.

ORI adalah Obligasi Negara Ritel. ORI merupakan produk pasar modal dan merupakan kewajiban penerbit. ORI BUKAN produk Peer-to-Peer Lending, Bank, atau Deposito. Bukan kewajiban dan TIDAK DIJAMIN oleh PT Investree Radhika Jaya atau afiliasi atau subsidiarinya. TIDAK TERMASUK dalam program penjaminan simpanan (tidak termasuk program jaminan LPS), obligasi ini dijamin pemerintah dan mengandung risiko investasi. Nasabah wajib membaca dan memahami Memorandum Informasi Obligasi Negara Ritel sebelum membeli produk ini. PT Investree Radhika Jaya hanya sebagai agen penjual. Syarat dan ketentuan berlaku.